Karyawan yang memliki
sikap positif terhadap karakteristik pekerjaanya maka karyawan tersebut
akan semakin berorientasi dibidang pekerjaanya. Karyawan akan
menekuninya dan konsentrasi, bertanggungjawab disertai perasaan senang
sampai diperoleh hasil yang memuaskan dan tinggi kualitasnya dan akan
berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan diri agar mencapai
prestasi tinggi dalam perusahaan. Namun sebaliknya, jika karyawan
tersebut tidak memiliki sikap positif bahkan selalu negatif maka dia
akan melakukan pekerjaannya seadanya. Dia tidak akan termotivasi dan
tidak mempunyai inisiatif.
Berikut ini empat karakter karyawan yang positif yang harus Anda terapkan untuk diri sendiri dan tim kerja Anda:
1. MENGERTI ARTI KERJA KERAS
Kebanyakan orang tahu bahwa kerja keras baik untuk perusahaan. Selain itu, kerja keras juga baik untuk pelanggan, bahkan untuk negara. Tetapi hanya seorang pemenang yang tahu bahwa kerja keras juga bagus untuk mental orang yang bersangkutan.
Kebanyakan orang tahu bahwa kerja keras baik untuk perusahaan. Selain itu, kerja keras juga baik untuk pelanggan, bahkan untuk negara. Tetapi hanya seorang pemenang yang tahu bahwa kerja keras juga bagus untuk mental orang yang bersangkutan.
Kerja keras harus dilakukan, bukan karena kerja keras akan memungkinkan Anda mendapatkan penghargaan dan promosi, tetapi lebih karena akan membuat Anda menjadi seseorang yang kompeten. Tentu sangat tidak baik jika masing-masing kita berhenti peduli terhadap kualitas kerja kita sendiri.
2. MENIKMATI PEKERJAAN
Karyawan yang positif memutuskan untuk menikmati pekerjaannya! Tidak peduli apakah pekerjaan tersebut disukainya atau tidak. Tentu saja, tidak ada pekerjaan yang sempurna, dan selalu saja ada hal-hal untuk dikeluhkan. Bagi seorang pemenang, mereka memutuskan untuk menyukai pekerjaannya. Para pemenang mengambil sikap tersebut berdasarkan keputusan mereka sendiri, bukan berdasarkan perasaan yang mereka rasakan.
Karyawan yang positif memutuskan untuk menikmati pekerjaannya! Tidak peduli apakah pekerjaan tersebut disukainya atau tidak. Tentu saja, tidak ada pekerjaan yang sempurna, dan selalu saja ada hal-hal untuk dikeluhkan. Bagi seorang pemenang, mereka memutuskan untuk menyukai pekerjaannya. Para pemenang mengambil sikap tersebut berdasarkan keputusan mereka sendiri, bukan berdasarkan perasaan yang mereka rasakan.
Pekerjaan Anda mungkin saja tidak
menyenangkan, bahkan mungkin sangat menyebalkan. Tetapi sebagai
pemenang, Anda akan menikmati pekerjaan Anda, tidak peduli apakah Anda
menyukainya atau tidak.
3. MELIHAT SISI BAIK
Karyawan yang positif melihat segala situasi dari sisi baiknya. Setiap orang selalu melihat apa yang salah dalam suatu situasi tetapi karyawan yang positif tidak terpaku pada satu titik. Seorang pemenang tetap membuat dirinya termotivasi dengan melihat setiap situasi dari sisi baiknya dan memusatkan perhatian pada bagaimana mereka dapat membuatnya menjadi lebih baik.
Karyawan yang positif melihat segala situasi dari sisi baiknya. Setiap orang selalu melihat apa yang salah dalam suatu situasi tetapi karyawan yang positif tidak terpaku pada satu titik. Seorang pemenang tetap membuat dirinya termotivasi dengan melihat setiap situasi dari sisi baiknya dan memusatkan perhatian pada bagaimana mereka dapat membuatnya menjadi lebih baik.
Sebaliknya, karyawan yang negatif
memusatkan perhatian pada hal-hal kecil yang mengganggu dan
membiarkannya menghancurkan semuanya. Misalnya seorang peserta seminar
yang diadakan di sebuah hotel mewah memberikan komentar negatif yang
didengar semua peserta, "Sayang, ya, kursinya tidak nyaman dan
makanannya pun tidak enak."
Tentu saja, seorang karyawan positif
yang melihat segala situasi dari sisi baiknya dapat merupakan pengganggu
bagi karyawan yang negatif. Si negatif akan melihat karyawan yang
positif sebagai orang yang menyebalkan, bahkan mungkin menjijikkan.
4. MELAKUKAN LEBIH
Karyawan yang positif akan bertanya bagaimana dia dapat melakukan lebih dari yang diharapkan. Setiap pemimpin pasti tahu prinsip ini: sedikit bicara tapi banyak bekerja. Karyawan positif tidak akan pernah puas dengan hasil pekerjaan yang biasa-biasa saja dan mereka akan merasa tidak nyaman dengan diri mereka sendiri.
Karyawan yang positif akan bertanya bagaimana dia dapat melakukan lebih dari yang diharapkan. Setiap pemimpin pasti tahu prinsip ini: sedikit bicara tapi banyak bekerja. Karyawan positif tidak akan pernah puas dengan hasil pekerjaan yang biasa-biasa saja dan mereka akan merasa tidak nyaman dengan diri mereka sendiri.
Karyawan yang positif mencari tahu apa
yang diharapkan dari mereka dan akan melakukan yang terbaik untuk
mencapai harapan-harapan tersebut. Tidak peduli apakah melakukan sesuatu
yang membuat pelanggan terpukau dengan pelayanan yang lebih baik dari
yang pernah didapatkannya sebelumnya atau membuat kejutan terhadap
sesama rekan sekerja dengan menawarkan bantuan ekstra. Karyawan yang
positif memusatkan perhatiannya pada bagaimana dia dapat melakukan lebih
bukan kurang.
No comments:
Post a Comment