Tuesday, June 12, 2012

Membuat Keputusan


Di dalam hidup ini, kita pasti selalu dihadapkan kepada pilihan dan kita dituntut untuk membuat keputusan. Bila pilihan yang satu baik dan yang lainnya buruk, pasti kita tidak pusing-pusing untuk memilih. Tapi, seringkali kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang nampaknya sama-sama baik dan itulah yang membuat kita bingung untuk memilih.

Saat dihadapkan kepada situasi seperti itu, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kebingungan kita:
1. Berdoa

Tuhanlah yang paling mengerti konsekuensi-konsekuensi apa saja yang timbul dari pilihan-pilihan kita, oleh karena itu kita harus bertanya pada Tuhan dan meminta hikmat-Nya mengenai keputusan terbaik yang harus kita ambil.
2. Kenali diri kita sendiri
Apakah yang terpenting di dalam hidup kita? Bagaimana cara kita memandang hidup ini? Apa tujuan hidup kita? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur, kita dapat mengenal diri kita dengan lebih baik untuk membantu kita mengambil keputusan.
3. Mencari informasi dan pendapat orang lain
Berhati-hatilah dalam mencari informasi, karena kita tidak mau mendapatkan informasi yang salah dan tidak dapat dipercaya. Sebaiknya carilah referensi dari orang tua, mentor, atau orang berpengalaman lainnya yang dapat dipercaya untuk memberikan pendapat mereka.
4. Menganalisa pilihan-pilihan yang ada
Kita harus melihat setiap kelebihan dan kekurangan yang ada dari pilihan-pilihan yang kita miliki dan menimbang-nimbangnya. Kita juga harus memperhitungkan dampak dari pilihan yang kita ambil terhadap orang-orang di sekitar kita.
5. Ambillah keputusan dan doakan
Tetapkan pilihan kita dan bawalah lagi dalam doa; bila pilihan itu sesuai dengan kehendak Tuhan, pasti kita akan memiliki damai sejahtera.
6. Lakukanlah apa yang sudah kamu putuskan
Walaupun sulit, selama Tuhan berada di pihak kita, pastilah Dia akan senantiasa membimbing dan membantu kita. Dia akan memberikan kekuatan pada kita untuk menjalani apa yang sudah kita putuskan.

Kita tidak tahu mengenai masa depan kita, tapi kita tahu yang memegang masa depan kita di tangan-Nya adalah Tuhan yang baik dan peduli pada kita, jadi kita tidak perlu kuatir selama kita mempercayai dan mengandalkan-Nya.

No comments: